Selamat Datang

Terbuka untuk semua Blogers

Rabu, 04 April 2012

Sekilas Sejarah Pemipaan



Pada awalnya dalam sejarah manusia, pemindahan air harus mengunakan tenaga manusia, seiring dengan berjalannya perkembangan kebutuhan manusia, disertai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan manusia itu sendiri, maka diperlukannya suatu media yang dapat menyalurkan air dari suatu tempat ketempat lain, sebagai kebutuhan air bersih dan irigasi.Di Cina di gunakan bambu, di Mesir, Peru, Persia dan Romawi mengunakan mengunakan aqueducts (saluran air) sebagai media penghantar air. Pada abad 400 SM, Cina mengunakan bambu untuk mengalirkan gas  alam, dan tercatat dalam sejarah industri minyak modern, pengeboran minyak secara komersil di Titusville, Pennsylvania, Amerika  (27 agustus 1859) oleh Edwin Laurentin Drake.
Pipa besi di Inggris dan Perancis mulai digunakan di awal abad ke 19. untuk pengangkutan bahan bakar (minyak & gas) dimulai di Inggris menggunakan lembaran besi yang dibentuk menggunakan silinder kemudian sisi-sisinya di las.Pada pertengahan abad 19 barulah pipa seamless (tanpa celah / sambungan) dicoba untuk diproduksi untuk beberapa kebutuhan. Di Jerman dibangun pabrik pipa seamless pada tahun 1885 dan mulai digunakan di Inggris pada tahun 1887. Di Amerika pada tahun 1895. Memasuki abad ke 20 seamless tube mulai dibutuhkan di berbagai belahan dunia disusul dengan adanya revolusi industri yang melahirkan teknologi otomotif, pengolahan minyak, pengaliran minyak, sumur bor, serta boiler. Pada waktu itu  tubing yang menggunakan welding kurang dapat diandalkan.


Anda sedang membaca artikel tentang Sekilas Sejarah Pemipaan dengan URL http://pipingorg.blogspot.com/2012/04/sekilas-sejarah-pemipaan.html, kami mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel Sekilas Sejarah Pemipaan ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena kami bersyukur "Alhamdullilah" namun jangan lupa untuk meletakkan link Sekilas Sejarah Pemipaan sebagai sumbernya.

Layanan SMS Gratis