Selamat Datang

Terbuka untuk semua Blogers

Jumat, 04 Mei 2012

P&ID (Piping and Instrumentation Diagram)_PART. 2 A



PART. 2 A
2. Pembahasan ketentuan Bentuk P&ID


Secara umum, terbagi menjadi :
A. Rancangan
B. Simbol
C. Garis
D. Text
E. Equipment
F. Piping
G. Instrumentasi & pengendalian
H. Ragam informasi
Penjelasan Format P&ID


A. Rancangan


· Hindari susunan yang penuh/padat dalam pengambaran P&ID, tampilkan tidak lebih dari tiga buah major Equipment per satu lembar P&ID, apabila ternyata terdapat banyak major Equipment, dapat dibagi menjadi dua atau lebih lembar gambar.· Kemudian untuk arah arus utama fluida (Primary flow) di P&ID harus dimulai dari kiri kearah kanan.· Perhatikan tebal garis (akan diuraikan selanjutnya).


· Potongan Koneksi akhir dari suatu garis proses harus berada pada 6 mm / 0.25 inch dari tepi batas suatu kop gambar. Contoh :








· Posisi aktuator dari kontrol valve harus berada di atas garis horizontal atau berada disebelah kiri dari garis vertikal.· Balon indentifikasi harus disertakan untuk control valve, intrument, Pressure Safety Valve (PSV) dan Pressure Safety Element (PSE).






Anda sedang membaca artikel tentang P&ID (Piping and Instrumentation Diagram)_PART. 2 A dengan URL http://pipingorg.blogspot.com/2012/05/p-piping-and-instrumentation.html, kami mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel P&ID (Piping and Instrumentation Diagram)_PART. 2 A ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena kami bersyukur "Alhamdullilah" namun jangan lupa untuk meletakkan link P&ID (Piping and Instrumentation Diagram)_PART. 2 A sebagai sumbernya.

Layanan SMS Gratis